Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jalur Pendakian ke Gunung Merbabu Ditutup

TNI/Polri bersama relawan mencari titik api yang diduga
masih ada di lereng Gunung Merbabu. Foto: ISTIMEWA
Semarang-Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan kebakaran di lereng Gunung Merbabu sudah berhasil dipadamkan, dan saat ini dalam proses pencarian titik api yang belum padam.

Dari hasil pantauan Stasiun Lapan, jelas Junita, sudah tidak ada lagi titik api di Gunung Merbabu. Namun demikian, pihaknya menutup jalur pendakian bagi semua kalangan.

"Ya sampai sore ini, Alhamdulillah sudah tidak ada titik api dari Stasiun LAPAN. Kami akan memastikan, bahwa sudah tidak ada lagi sisa api yang bisa menimbulkan kebakaran lagi. Untuk sementara, jalur pendakian kami tutup sampai nanti musim hujan," kata Junita, Senin (16)9).

Lebih lanjut Junita menjelaskan, sampai dengan saat ini tercatat ada 436 hektare lahan di Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar. Lokasi kebakaran berada di wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang.

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, pihaknya sependapat untuk menutup sementara jalur pendakian ke Gunung Merbabu. Sehingga, jika kondisi sudah dinyatakan aman, maka jalur pendakian dibuka kembali.

"Dua hal yang penting, mungkin pendaki sementara prei dulu sampai dengan November. Dan masyarakat di desa terakhir karena mereka mengakses rumput di taman nasional, kita harapkan juga tidak naik dulu," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar