Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Penduduk Kota Semarang Bakal Melebihi Jumlah Warga Brebes

Erisman
Kepala BPS Kota Semarang
Semarang-Kepala BPS Kota Semarang Erisman mengatakan dalam beberapa tahun ke belakang, Kota Semarang semakin padat penduduknya. Setiap tahun, terjadi urbanisasi atau perpindahan penduduk ke Kota Semarang.

Menurutnya, ada tiga wilayah di Kota Semarang yang jumlah penduduknya cukup besar dibanding kecamatan lainnya. Yakni Kecamatan Tembalang, Pedurungan dan Semarang Barat.

Dengan kondisi jumlah penduduk yang cukup besar, jelas Erisman, akan menjadi nilai tambah dalam menggerakkan roda perekonomian. Terlebih lagi, sebagian besar tulang punggung perekonomian di Kota Semarang masih ditopang sektor industri dan kemudian berikutnya adalah perdagangan. 

"Pertumbuhan penduduk secara umum, itu cukup pesat. Pertumbuhannya cukup tinggi dalam 10 tahun terakhir ini. Jadi, kalau lihat angka proyeksi dulu mungkin Kabupaten Brebes jumlah penduduknya terbanyak. Nah, mulai 2019 jumlah penduduk terbanyak ini adalah Kota Semarang. Bisa mencapai 1,8 jutaan lebih. Faktor yang memengaruhinya mungkin bukan karena vertilitas, tapi migrasi atau penduduk yang datang cukup besar," kata Erisman, Rabu (11/9).

Erisman lebih lanjut menjelaskan, dengan pertambahan penduduk yang cukup besar itu juga harus dikelola dengan baik. Pemkot Semarang bisa memanfaatkan pertumbuhan penduduk dengan baik, untuk menggenjot perekonomian wilayah.

"Kalau didata kami ini, angka pengangguran terbukanya di Kota Semarang masuk kategori sedang. Di angka 5,29 persen, masih lebih tinggi daripada provinsi. Tapi, kebanyakan ini usia produktif dan lulusannya adalah SMK," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar