|

Ganjar: Ekonomi Pesantren Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jateng

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemprov berkomitmen, untuk menumbuhkan ekonomi di setiap pesantren, sebagai bentuk kemandirian ekonomi. Termasuk, untuk mengarahkan pada pertumbuhan ekonomi Jateng yang ditargetkan mencapai angka tujuh persen.

Menurutnya, kekuatan ekonomi di provinsi ini bisa didukung dari pesantren yang cukup banyak ada di Jateng. 

Ganjar menjelaskan, di Jateng ada ribuan pondok pesantren dengan 600 ribu lebih santri yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Sehingga, jika potensi itu bisa dimanfaatkan akan menciptakan sumber daya wirausahawan dengan kemampuan lengkap.

"Sebenarnya sudah banyak pesantren-pesantren yang punya basis usaha yang baik. Tugas kita adalah mendorong. Mendorong itu ada tiga. Satu mendorong peningkatan kapasitan dan pelatihan, dan kedua memberikan akses modal yang mudah. Ketiga mendampingi. Kalau tiga ini bisa dilakukan, maka mereka bisa tumbuh. Sehingga, si santri ini yang pintar ngaji dan punya life skills," kata Ganjar baru-baru ini.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, Dinas Koperasi dan UKM Jateng juga diharapkan bisa mendorong dan mendampingi pondok pesantren. Misalnya, dengan memberikan pelatihan dan pengemasan hingga pemasaran produk pesantren. (K-08)

Posted by kilas9.com on Minggu, Oktober 06, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ganjar: Ekonomi Pesantren Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jateng"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added