Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kanwil DJP Jateng I Upayakan Penerimaan Pajak Sesuai Target

Kakanwil DJP Jateng I Suparno memberikan keterangan kepada media
terkait capaian penerimaan pajak tahun ini, Selasa (8/10).
Semarang-Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I Suparno mengatakan pihaknya terus berupaya, untuk mencapai penerimaan pajak pada tahun ini. Sampai dengan saat ini, realisasi penerimaan pajak mencapai Rp18,58 triliun atau 58,39 persen dari target Rp32,82 triliun.

Suparno menjelaskan, dengan pencapaian target pajak sampai dengan saat ini maka penerimaan pajak mengalami pertumbuhan sebesar 2,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Menurutnya, capaian pertumbuhan penerimaan pajak itu meliputi jenis Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Barang Mewah (PPnBM) serta pajak non migas.

Khusus untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ditargetkan Rp158 miliar, dan saat ini baru tercapai Rp27 miliar. Alasannya, karena jatuh tempo PBB di akhir tahun sehingga wajib pajak cenderung melakukan pembayaran mendekati jatuh tempo.

"Pertumbuhan di sini itu salah satunya didorong karena kita mengawasi betul sentra-sentra ekonomi, industri-industri yang secara outlook tumbuhnya di mana sesuai dengan core bisnisnya DJP kita awasi. Sektor usaha yang dominan dari industri pengolahan, rokok salah satunya. Kemudian perdagangan besar dan eceran, keuangan dan asuransi serta administrasi pemerintah atau belanja pemerintah," kata Suparno, Selasa (8/10).

Lebih lanjut Suparno menjelaskan, guna mewujudkan pencapaian target penerimaan pajak tahun ini pihaknya terus berupaya melakukan penggalian potensi pajak lewat basis data. Pihaknya juga mengamankan penerimaan pajak, melalui sinergi dengan instansi atau lembaga negara lainnya untuk mengejar realisasi penerimaan pajak hingga akhir tahun. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar