Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinas PU Jateng Minta Pemudik Waspadai Aquaplaning di Jalan Tol

Hanung Triyono
Kepala Dinas PUBMCK Jateng
Semarang-Jalan-jalan milik provinsi dalam kondisi siap, untuk menghadapi arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Baik jalan nasional, provinsi maupun jalan kabupaten/kota dalam kondisi yang baik dan layak dilalui.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah Hanung Triyono mengatakan seluruh ruas jalan dalam kondisi baik, dan siap digunakan untuk arus mudik Natal dan Tahun Baru. Jalan nasional, jalan tol dan jalan pantura serta jalur selatan dalam kondisi baik.

Menurutnya, untuk jalur-jalur alternatif yang tersebar di berbagai daerah di Jateng juga sudah siap dilewati. Sehingga, jalan itu bisa digunakan untuk pengalihan arus jika terjadi penumpukan kendaraan di jalur tol ataupun jalan utama pantura.

Namun demikian, jelas Hanung, pihaknya mengimbau kepada para pengguna kendaraan untuk berhati-hati ketika terjadi hujan lebat. Terlebih lagi, bagi pengguna jalan tol untuk tidak memacu kecepatan kendaraan di atas batas aman.

"Pesan saya, hati-hati kalau lewat tol. Kan ada fenomena aquaplaning, terlebih di jalan tol. Karena, biasanya pengendara sering memacu kecepatan kendaraan di tol. Aquaplaning itu antara jalan dan ban kehilangan traksi, bahayanya kendaraan bisa terlempar. Itu hati-hati saja saat musim hujan, karena ada yang lebat dan ada yang ringan. Jadi, masyarakat harus hati-hati dengan fenomena aquaplaning," kata Hanung, Rabu (18/12).

Hanung lebih lanjut menjelaskan, yang akan diperhatikan adanya bencana tanah longsor dan kemudian menutup akses jalan. Sehingga, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Jateng untuk upaya antisipasi bencana longsor yang menutup akses jalan bagi para pemudik. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar