Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jelang Natal, Cabai dan Bawang Merah Harganya Naik

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan salah satu pedagang yang
ad di Pasar Karangantu Semarang, Senin (23/12).
Semarang-Menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pemerintah mulai memantau pergerakan harga komoditas pangan masyarakat di pasar-pasar tradisional.

Salah satu pedagang di Pasar Karangayu Semarang, Shoheh mengatakan dua komoditas yang mengalami kenaikan harga sejak sebulan terakhir adalah cabai-cabaian dan bawang merah. Kedua komoditas itu mengalami kenaikan harga, karena memang pasokannya tidak terlalu banyak.

Shoheh menjelaskan, karena memang harganya mahal dan stoknya sedikit juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Para pembeli, lebih memilih membeli dengan jumlah yang sedikit. 

"Cabai sekarang Rp40 ribu per kilogram, biasanya Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram. Ini sudah naik sebulan kemarin. Kalau kulakan agak susah. Bawang merah Rp40 ribu per kilogram, sebelumnya Rp20 ribu kilogram. Bawang putih Rp28 ribu per kilogram, tidak naik," kata Shoheh, Senin (23/12).

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat pantauan di lapangan memang menjumpai jika kedua komoditas itu sedang mengalami tren kenaikan harga. Keduanya memang banyak dicari masyarakat, karena sering digunakan untuk campuran memasak.

"Kalau harga relatif stabil. Daging stabil, telur turun, daging ayam lumayan. Mungkin hanya bawang merah yang trennya masih naik, karena diperkirakan panennya baru di Januari. Cabai yang naik, sekarang sudah menunjukkan tren datar. Jadi, untuk libur Natal dan Tahun Baru semua masih dalam kendali yang baik," ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk komoditas lainnya masih relatif stabil harganya. Namun demikian, dirinya tetap meminta masyarakat tidak terlalu panik dan tetap berbelanja sesuai kebutuhan.
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar