Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Jateng Minta Warga Waspadai Banjir Lahar Dingin

Gunung Merapi terlihat dari jauh. Foto: ISTIMEWA
Semarang-Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan dua gunung yang masih dalam status waspada, perlu mendapat kewaspadaan dari masyarakat sekitar. Kedua gunung itu adalah Gunung Merapi dan Gunung Slamet.

Sarwa menjelaskan, masyarakat harus mewaspadai terjadi lahar dingin pada saat musim hujan sekarang ini. Guguran lahar dingin dari puncak Gunung Merapi dengan material sekira 2,6 juta meter kubik itu, akan menjadi ancaman bagi warga di kaki Gunung Merapi.

Guguran lahar dingin yang terjadi akibat guyuran hujan deras, lanjut Sarwa, perlu diantisipasi bagi masyarakat sekitar. Terutama, untuk menyiapkan jalur lintasan lahar dingin tersebut tetap mengarah ke hulu Kali Gendol.

"Karena, kondisi saat ini masih ada dua gunung yang levelnya waspada. Yaitu Gunung Merapi dan Gunung Slamet. Ini juga perlu diantisipasi, karena materialnya sudah 2,6 juta meter kubik. Kalau terjadi curah hujan tinggi di puncak Merapi, pasti material akan turun. Kalau sudah turun, dampaknya akan terjadi lahar hujan. Ini yang harus diantisipasi teman-teman, apakah material ini ditunggu masyarakat? Pasti iya, karena pasirnya sangat bagus," kata Sarwa, kemarin.

Sarwa lebih lanjut menjelaskan, terjangan banjir lahar dingin dari puncak Gunung Merapi bisa merusak bangunan dan membahayakan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar