Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Produksi Ikan di Jateng Menurun Karena Cuaca Ekstrem

Fendiawan Tiskiantoro
Kepala Dinas KKP Jateng
Semarang-Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Fendiawan Tiskiantoro mengatakan produksi  perikanan tangkap di provinsi ini mengalami penurunan, seiring dengan cuaca ekstrem yang terhadi. Bahkan, cuaca yang tidak bersahabat itu membuat nelayan Jateng enggan melaut sementara waktu.

Fendiawan menjelaskan, produksi ikan tangkapan nelayan pada Januari 2020 ini mengalami penurunan. Hingga akhir bulan ini saja, diprediksi tidak akan bisa mengejar perolehan pada 2019 kemarin.

Menurutnya, di periode Januari-Maret memang biasanya terjadi penurunan produksi ikan tangkapan dari nelayan.

"Musim hujan, ikan relatif sedikit. Karena juga musim hujan, dan gelombang tinggi. Kalau sekarang di atas 1,25 meter, tapi di tengah laut bisa sampai 2-2,5 meter. Produksi saya di 2020 tidak sebanyak di 2019, karena di awal tahun saja jumlah tangkapannya sedikit. Kalau saya komparasi Januari 2019, itu kurang lebih 5.800 ton dan sekarang ini Januari 2020 baru 2.500 ton," kata Fendiawan belum lama ini.

Lebih lanjut Fendiawan menjelaskan, biasanya produksi ikan tangkapan nelayan membaik di peridoe April-Juni. Oleh karena, agar ekonomi nelayan membaik pihaknya memberikan pelatihan dan usaha sampingan bagi istri nelayan.

"Kita beri pelatihan membuat bioflok atau pembuatan kolam ikan dengan terpal, dan juga produksi abon ikan. Itu untuk istrinya, kalau yang nelayan kita beri keterampilan budi daya lele atau kerang. Jadi, ketika musim tidak bersahabat datang, mereka bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar