Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Erupsi Merapi Dalam Kategori Aman

Sudaryanto
Kalahar BPBD Jateng
Semarang-Kalahar BPBD Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan Gunung Merapi erupsi dengan amplitudo 75 milimeter dan durasi sekira 150 detik, Kamis (13/2). Namun demikian, BPBD Jawa Tengah menyebut jika aktivitas Merapi masih dalam kondisi aman dan tidak terjadi hujan abu.

Erupsi Gunung Merapi, jelas Sudaryanto, teramati dengan tinggi kolom kurang lebih dua ribu ribu meter dan arah angin menuju barat laut. Artinya, arah dari erupsi menuju ke Kabupaten Klaten dan wilayah Yogyakarta.

Sudaryanto menjelaskan, untuk wilayah Kabupaten Boyolali meliputi Kecamatan Selo dan Kecamatan Cepogo. Namun, secara umum wilayah Boyolali masih aman setelah terjadi erupsi Merapi. Demikian juga di wilayah Kabupaten Magelang, sampai saat ini masih aman.

"Memang aktivitas Merapi pagi ini, ada letusan cukup tinggi. Tetapi, ini kan anginnya ke barat atau mengarah ke Klaten sama Yogya bukan ke Boyolali. Tetapi, sampai hari ini di Klaten belum ada hujan abu masih tenang-tenang saja. Kita sediakan masker, dan mudah-mudahan mandali. Aman terkendali semua," kata Sudaryanto.

Lebih lanjut Sudaryanto menjelaskan, masyarakat tetap diimbau tidak beraktivitas di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Termasuk, menyiapkan masker jika kemudian terjadi lagi erupsi Merapi.

"Yang terpenting, sediakan selalu masker. Baik di rumah, di kantor maupun di kendaraan. Jadi, ketika terjadi hujan abu sudah bisa langsung dipakai," pungkasnya. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar