Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.
Sejumlah pekerja memeragakan cara memadamkan kebakaran di areal
perusahaan dalam Peringatan Bulan K3, Jumat (7/2).
Semarang-Sebanyak 600 orang mengikuti apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Centre of Excellence Fire &Safety Academy PT Indonesia Power Semarang, Jumat (7/2).

Kepala Dinakertrans Jawa Tengah Sakina Rosellasari mengatakan peringatan Bulan K3 diikuti pelaku usaha, karyawan dan serikat buruh di provinsi ini.

Saat ini, jelas Sakina, kesadaran sejumlah perusahaan di Jateng yang menerapkan K3 terus meningkat. Pada 2019 kemarin ada 180 perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen K3 dengan baik, dan 54 perusahaan di antaranya mendapat penghargaan zero accident. Jumlah itu meningkat sebesar 17 persen, bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, perusahaan yang menerapkan pencegahan HIV/AIDS juga bertambah menjadi 31 perusahaan atau meningkat 19 persen dari tahun sebelumnya.

"Kesadaran perusahaan-perusahaan di Jateng untuk menerapkan manajemen K3, sudah semakin meningkat tiap tahun. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran semua pihak, tentang pentingnya melindungi para pekerja dari kecelakaan dan penyakit," kata Sakina.

Sakina lebih lanjut menjelaskan, pihaknya terus melakukan pengawasan K3 di seluruh perusahaan yang ada di Jateng. Tujuannya, untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, seluruh perusahaan di Jateng harus menerapkan manajemen K3. 

Menurut catatan BPS, jelas Ganjar, pada 2018 kecelakaan kerja di Indonesia mencapai 157.313 kasus. Sementara Januari-September 2019, terjadi 130.923 kecelakaan kerja. 

"Itu wujud kongkret kepedulian kita pada pekerja. Mereka semua harus merasa aman, nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Ganjar.


Dalam peringatan Bulan K3, juga diperagakan simulasi memadamkan kebakaran tangki bahan bakar. Delapan orang personel pemadam kebakaran berupaya menangani api, yang membakar tangki bahan bakar di Centre of Excellence Fire &Safety Academy PT Indonesia Power Semarang.

Selain itu, juga ada simulasi penyelamatan pekerja yang mengalami kecelakaan saat bertugas di tempat ketinggian. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar