Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Properti Belum Terdampak COVID-19

Dibya Hidayat
Ketua Property Expo Semarang
Semarang-Meskipun dampak dari wabah COVID-19 sudah mulai dirasakan sejumlah sektor, namun untuk sektor properti belum berpengaruh.

Ketua Property Expo Semarang Dibya Hidayat mengatakan wabah COVID-19 memang sudah menyebar ke sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Untuk sektor properti, dampaknya masih belum dirasakan.

Dibya menjelaskan, jika wabah penyebaran COVID-19 terus terjadi dan dalam jangka waktu cukup lama bisa memberi pengaruh pada sektor properti. Sebab, material dari pembangunan rumah itu bahan dasarnya ada yang impor dari Tiongkok.

Menurutnya, bahan dasar yang masih menggunakan kandungan impor adalah semen dan besi. Selain itu, beberapa panel atau engsel pintu dan jendela juga mengandung bahan dasar impor.

"Dalam menghadapi isu virus (Corona) ini, pemerintah juga akan melonggarkan perbankan. Termasuk, suku bunga bisa banyak turun. Sehingga, akan menarik buat calon pembeli rumah. Isu Corona, seharusnya tidak ada dampaknya bagi properti. Tapi, yang kami takutkan itu hanya dari material rumah. Karena, kalau dihitung itu hanya material dasar yang tidak mengandung bahan impor. Yaitu batu dan pasir. Kalau semen dan besi, itu ada kandungan impornya dan impornya kebetulan dari Cina," kata Dibya di sela pameran rumah di Mal Paragon, Rabu (11/3).

Lebih lanjut Dibya menjelaskan, meskipun kandungan impornya hanya satu persen saja tetap akan memberi pengaruh. Yakni, soal kualitas dari material bahan bangunan dan elemen lainnya dalam membangun sebuah rumah.

"Meski itu hanya satu persen saja, tapi kalau tidak ada barangnya akan tetap memberi dampak. Ini yang akan merisaukan kita para pengembang," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar