Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Mengajarkan Konsumen Cerdas di Masa Pandemi

Semarang-Menjelang Hari Konsumen Nasional pada 20 April besok, dan di masa pandemi sekarang ini harus ada edukasi yang masif tentang pola perilaku masyarakat dalam berbelanja. Karena, di tengah kondisi sekarang ini terdapat tren perubahan yang cukup mencolok terkait perilaku konsumen.

Riset Nielsen menunjukkan, sebanyak 50 persen masyarakat Indonesia mulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Sedangkan 30 persen di antaranya memilih berbelanja secara online.

Direktur Kredivo Anita Wijanto dalam rilis mengatakan ada beberapa hal yang harus disikapi konsumen, menghadapi wabah virus Korona saat ini. Termasuk, bagaimana respon pelaku bisnis khususnya industri keuangan dan digital merespon tren tersebut.

Anita menjelaskan, peran konsumen sebagai agen perubahan dan subjek penentu kegiatan ekonomi menjadi lebih signifikan di tengah kondisi sulit ini. Urgensi menjadi konsumen cerdas, semakin relevan sekaligus menantang. Terlebih, dengan adanya kebijakan dari pemerintah setempat yang memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurutnya, dalam riset yang sama menunjukkan  keinginan berbelanja secara online akan terus meningkat di wilayah yang menerapkan PSBB dan kesadaran pribadi untuk menghindari keramaian. Selain itu, konsumen juga cenderung berbelanja kebutuhan pokok dalam jumlah banyak yang berpotensi pada lonjakan harga.

Anita Wijanto
Direktur Kredivo
"Selama masa pandemi, konsumen semakin terdorong untuk berbelanja secara online dan menggunakan transaksi secara cashless. Tren pergeseran perilaku konsumen inilah, yang seharusnya menjadi kesempatan bagi para pelaku industri untuk semakin mengedukasi masyarakat supaya menjadi konsumen cerdas dan bijak. Kami melihat, bahwa literasi keuangan berperan penting di tengah kondisi sulit ini. Terlebih, menjelang bulan Ramadan kebutuhan masyarakat akan semakin meningkat," kata Anita.

Lebih lanjut Anita menjelaskan, peringatan Hari Konsumen Nasional di tengah pandemi dan pergeseran perilaku konsumen menjadi momen bagi pelaku industri untuk melindungi konsumen.

"Pelaku industri yang memiliki layanan berbasis digital, harus tetap memerhatikan perlindungan konsumen dan tidak memanfaatkan kondisi saat ini," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar