Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Youtap Indonesia Catat Transaksi Nontunai Naik 129 Persen Selama Pandemi

Semarang-Transaksi non-tunai mengalami kenaikan, sejak mewabah virus Korona di Indonesia. Sejak 16-22 Maret 2020, tren kenaikan penggunaan alat pembayaran nontunai mencapai 129 persen.

CEO Youtap Indonesia Herman Surharto dalam rilis mengatakan sejak kasus penularan virus Korona muncul di Tanah Air, Bank Indonesia meminta masyarakat mulai mengurangi transaksi tunai dan beralih ke pembayaran nontunai.

Herman menjelaskan, data Youtap Indonesia juga menunjukkan adanya penurunan aktivitas merchant yang banyak. Terutama, bagi merchant yang bergerak di bidang jasa laundry, bengkel, toko baju dan rumah makan.

Menurutnya, hal itu dikarenakan masyarakat cenderung membatasi aktivitas di luar rumah selama pandemi.

"Dari total merchant yang tetap aktif beroperasi, 65 persen di antaranya tidak menerima pembayaran tunai dan beralih ke sistem pembayaran nontunai. Kami menemukan merchant yang tetap beroperasi, malah mengalami kenaikan jumlah transaksi dua kali lipat dari biasanya," kata Herman. 

Herman lebih lanjut menjelaskan, selain tren kenaikan transaksi nontunai juga terjadi perubahan kebiasaan konsumen berbelanja. Sebelum pandemi, transaksi paling banyak terjadi pada jam makan siang dan pulang kantor. 

"Sekarang, 42 persen konsumen lebih memilih menghindari jam-jam ramai dan berbelanja pada jam-jam biasanya sepi," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar