Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kita Sudah Minta Laboratorium Percepat Tes PCR

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya sudah meminta kepada seluruh laboratorium pemeriksaan sampel COVID-19, agar memercepat waktu pengetesan swab test. Tujuh pengelola laboratorium yang ditunjuk sebagai pengetesan sampel COVID-19, juga telah diminta melakukan percepatan pemeriksaan sampel COVID-19.

Ganjar menjelaskan, sebelumnya pemprov juga telah meminta penambahan kapasitas tes dari 600 sampel menjadi seribu sampel per hari. Sehingga, kecepatan dari tes PCR sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penanganan COVID-19.

Menurutnya, selama ini banyak pasien yang dirawat di rumah sakit masih terlalu lama menunggu hasil tes keluar.

"Kita juga memastikan seluruh lab ini, kita minta sekarang on 24 jam. Sehingga, PCR-PCR test itu dilakukan tidak dalam waktu hitungan lebih dari sehari. Saya minta sehari sekarang bisa selesai. Kalau enggak, ya enggak usah. Kabupaten/kota yang lain saya minta untuk dilakukan tracing dan survaillance. Tracingnya sregep, dan survaillance diperbanyak agar kita tahu sebenarnya berapa yang tertular," kata Ganjar, Rabu (24/6).

Sementara Kepala Balai Besar Litbang Vektor Salatiga Joko Waluyo mengaku, saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sebanyak enam ribu sampel. Dalam sehari, kapasitas di laboratorium juga telah ditingkatkan dari 40 sampel menjadi 150 sampel.

"Sebenarnya kami bisa meningkatkan dua kali lipat, asal ada penambahan alat ekstraksi otomatis. Selama ini, proses ekstraksi kami lakukan secara manual dan memakan waktu lama. Di samping itu, kapasitas mesin juga sedikit," ujar Joko. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar