Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Masuk Tahapan Verifikasi Faktual Data Calon Perseorangan, Bawaslu Siap Kawal

Semarang-Komisioner Bawaslu Jawa Tengah Rofiuddin mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Jateng, agar bisa menyamakan persepsi dalam upaya mewujudkan pilkada berkualitas. Karena, saat ini sedang dalam tahapan verifikasi faktual untuk data calon perseorangan di Pilkada Serentak 2020.

Rofi menjelaskan, Kabupaten Purworejo dan Kota Surakarta tercatat memiliki calon perseorangan yang aman mengikuti Pilkada Serentak 2020 mendatang. Pada tahapan verifikasi faktual untuk calon perseorangan yang hanya ada di dua daerah itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Jateng.

Menurutnya, koordinasi dengan KPU Jateng dianggap penting untuk mengantisipasi persoalan-persoalan yang muncul di lapangan selama tahapan verifikasi faktual berlangsung.

"Bawaslu Jawa Tengah bersama dengan KPU Jawa Tengah, menggelar rapat koordinasi terkait dengan pelaksanaan tahapan verifikasi faktual. Verifikasi faktual ini untuk calon perseorangan, yang maju di Purworejo dan Kota Surakarta. Koordinasi ini penting, untuk menyamakan pemahaman aturan-aturan yang ada biar terjadi kesuksesan di dalam kerangka mendorong kualitas untuk tahapan verifikasi faktual. Data-data yang diajukan oleh calon perseorangan benar-benar sesuai dengan fakta," kata Rofi, Jumat (26/6).

Rofi lebih lanjut menjelaskan, dalam tahapan verifikasi faktual ini kondisinya akan berjalan dinamis. Semisal di satu desa atau kelurahan itu diketahui ada data pendukungnya, tetapi petugas tidak bisa masuk dikarenakan sedang menerapkan lockdown lokal. Sehingga, perlu pemahaman bersama untuk menyikapinya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar