Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Muh Zen: Pembelajaran Daring Masih Efektif di Tengah Pandemi

Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen (kiri) memberi penilaian ter-
hadap sekolah daring di masa pandemi masih cukup efektif.
Semarang-Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Muh Zen mengatakan kebijakan belajar dari rumah bagi para siswa di tengah pandemi menggunakan daring, dinilai masih cukup efektif dilakukan. Tidak hanya untuk mencegah penularan COVID-19 saja, tetapi juga melatih guru dan siswa menerapkan teknologi di dalam kegiatan belajar mengajar.

Muh Zen menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus membuat terobosan baru dalam metode pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran 2020/2021 ini. Sehingga, efektivitas dan efisiensi penerapan belajar daring semakin bisa dirasakan.

"Kalau bicara soal keterserapan, jelas kita tidak bisa mengukur sekian persen dan sebagainya. Tetapi yang jelas, hasil dari beberapa teman di lapangan hanya sekitar 30-40 persen. Itu pun, di daerah tertentu juga mungkin berbeda-beda. Saya kira yang harus dilakukan pemerintah, bagaimana untuk menjadi sebuah konsep pembelajaran yang kira-kira lebih efektif," kata Zen, baru-baru ini.

Yulianto Prabowo
Kepala Dinkes Jawa Tengah
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo menyatakan, untuk saat ini dunia pendidikan masih harus berpegang pada protokol kesehatan yang berlaku. Yakni, penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan secara daring.

Menurutnya, jika ada kabupaten/kota yang mengambil kebijakan membuka sekolah di masa pandemi harus diperhitungkan secara matang.

"Ada 15 indikator yang memang harus dihitung. Kabupaten/kota saya minta untuk melakukan penghitungan, self assessment. Jadi, kalau masih dua minggu itu kita belum mantap. Paling tidak 3-4 minggu ya. Kalau misal hijau ya hijau terus, nanti bisa mengarah ke new normal," ujar Yulianto. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar