Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ada Siswa Tak Punya HP, Guru MTs di Grobogan Rela Datangi Rumahnya

Sejumlah guru MTs Al Hidayah Karangrayung, Grobogan dengan ber-
sepeda motor mendatangi rumah siswa yang tidak punya handphone.
Semarang-Guru-guru MTs Al Hidayah di Kabupaten Grobogan, rela mendatangi rumah-rumah siswanya untuk memberi pelajaran secara langsung karena sulitnya sinyal internet.

Salah satunya adalah Muhammad Zaki Iqbal, yang rela naik turun bukit untuk menyambangi rumah para siswanya. Tindakan yang dilakukannya itu, agar siswanya tetap bisa mendapat pelajaran di tengah wabah COVID-19.

Zaki menjelaskan, pada masa pandemi ini dan keterbatasan perangkat gawai atau laptop serta kuota internet menjadi kendala yang dihadapi guru dan siswa. Bagi siswa yang tinggal di daerah pelosok dan berasal dari keluarga ekonomi pas-pasan, tidak akan mampu jika harus mengikuti pendidikan jarak jauh (PJJ).

Menurutnya, diperlukan adanya tindakan solutif dari para pendidik seperti dirinya untuk tetap bisa memberikan materi pelajaran kepada siswanya.

"Kita menemukan ada 1-2 siswa kami yang tidak bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara maksimal, dikarenakan kondisi yang ada. Bisa disebut kondisi di pedesaan yang secara lokasi agak susah untuk dijangkau operator seluler, sehingga mereka kesulitan dari sisi itu. Ada beberapa siswa yang tidak memiliki peralatan, untuk digunakan pembelajaran jarak jauh. Mereka tidak memiliki handphone," kata Zaki, Selasa (4/8).

Lebih lanjut Zaki menjelaskan, apa yang dilakukannya itu mengaplikasikan program Jogo Tonggo dari Pemprov Jawa Tengah menjadi Jogo Siswa. Sehingga, dirinya rela mendatangi rumah-rumah siswanya yang memang tidak mampu mengikuti pelajaran secara daring.

"Saya jalan ke rumah-rumah siswa tiap hari Sabtu dan minggu. Karena, di wilayah kami ini banyak siswa berasal dari keluarga tidak mampu," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar