Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gangguan Terbesar Jaringan Listrik Paling Sering Adalah Ranting Pohon

Perawatan rutin jaringan listrik terus diupayakan PLN.
Semarang-General Manager PLN UID Jawa Tengah-Yogyakarta Feby Joko Priharto mengatakan cabang-cabang ranting pohon yang ada di sekitar kabel listrik, bisa menyebabkan gangguan suplai listrik ke pelanggan. Dari hasil kajian yang dilakukan secara internal dan melibatkan akademisi, gangguan pasokan listrik ke pelanggan adalah ranting-ranting pohon dan juga pergerakan binatang ketika melintas di kabel aliran listrik PLN.

Feby menjelaskan, untuk ranting-ranting pohon pihaknya sudah bekerja sama dengan dinas terkait untuk membersihkan cabang-cabang ranting atau pohon yang mengganggu kabel jaringan listrik. Kegiatan pemangkasan dilakukan secara periodik, dan paling sering dilakukan menjelang musim hujan untuk menghindari pohon tumbang karena angin kencang dan menimpa kabel jaringan listrik.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengamankan pasokan listrik ke pelanggan PLN tidak terganggu.

"Memang gangguan kita hasil evaluasi itu, yang terbesar adalah pohon kemudian binatang. Tupai, tikus dan burung itu juga menyebabkan gangguan jaringan listrik. Sekarang ditambah lagi dengan layang-layang. Ini yang kita harapkan kepada masyarakat, agar tidak bermain layang-layang di bawah jaringan. Kalau itu terjadi, maka dampaknya akan luas sekali," kata Feby, belum lama ini.

Lebih lanjut Feby menjelaskan, khusus untuk gangguan karena layang-layang pernah kejadian di wilayah Banyumas dan menyebabkan listrik padam separuh dari wilayah Jateng. Sebab, layang-layang tersebut mengenai jaringan kabel listrik pada sistem atau SUTET. Sehingga, pemulihan jaringan membutuhkan waktu cukup lama. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar