Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Saya Ingin Karimunjawa Kelola Sampah Dengan Baik

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sebagai destinasi wisata unggulan, Karimunjawa harus bisa menjadi contoh dalam pengelolaan sampah dengan baik. Sehingga, bisa menjadi tujuan wisata yang ramah lingkungan dan terjaga ekosistemnya.

Ganjar menjelaskan, masyarakat di Karimunjawa harus didorong dengan aksi dan gerakan untuk lebih peduli pada lingkungan sekitarnya. Terutama, soal pengelolaan sampah yang dihasilkan rumah tangga.

Menurutnya, pengelolaan sampah secara baik akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Misalnya, pengolahan sampah dengan hasil akhir untuk energi.  

"Karimunjawa itu ciri-cirinya pulau kecil-kecil. Ini sangat rentan sekali. Maka kalau tourisme mau didorong, kita harapkan juga tidak terlalu masif. Meskipun kita juga lagi menyiapkan. Yang perlu disampaikan adalah edukasi kepada masyarakat, mulai memilah sampah dari rumah. Edukasi ini menjadi penting, dan mudah-mudahan Karimunjawa bisa dijadikan obyek bagaimana energinya ramah lingkungan, bagaimana kondisi lingkungannya terjaga dengan baik," kata Ganjar di sela peresmian Pusat Daur Ulang Karimunjawa secara daring, baru-baru ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, bantuan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu bisa menjadi awal yang baik dalam pengelolaan sampah secara baik dan lebih peduli lingkungan.

"Dalam membangun Karimunjawa harus berorientasi pada aspek lingkungan, oleh karena itu Karimunjawa harus berwawasan lingkungan. Salah satunya, dengan mengelola sampah dengan baik," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar