Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kisah Pengawal Jenderal Soedirman Yang Berharap di Hari Tuanya Bisa Punya Rumah

Sanjoto (kanan) saat berbincang dengan Gubernur Ganjar Pranowo di
rumahnya di daerah Peterongan, kemarin.
Semarang-Kapten Sanjoto di usianya yang hampir seabad itu, masih mampu menceritakan secara detil perjuangannya waktu melawan penjajah Jepang dan Agresi Militer kedua Belanda.

Saat itu, Sanjoto muda masih berusia 12 tahun dan sudah berani memanggul senjata melawan pasukan Jepang di Kota Semarang.

Menurut Sanjoto, keputusannya memanggul senjata di usia terlalu muda bukan tanpa sebab. Karena, waktu itu sudah banyak teman sebayanya yang juga mengangkat senjata melawan penjajah Jepang. 

Sanjoto menjelaskan, kali pertama berjuang melawan penjajah dengan bergabung di Angkatan Muda kemudian direkrut Badan Keamanan Rakyat (BKR). 

"Saya mengusir Jepang, umur saya waktu itu 12 tahun. Saya waktu itu SMP. Saya ikut organisasi kepemudaan di Surakarta. Dari situ mendorong saya, diminta oleh PETA bentukan Jepang. Rencananya Jepang itu, PETA dipakai sebagai tameng jika pribumi menyerang Jepang," kata Sanjoto, belum lama ini.

Kisah heroik Sanjoto lainnya, ketika mendapat mandat khusus dari Pangdam Diponegoro saat ini Kolonel Gatot Soebroto untuk mengawal rombongan Panglima Besar Jenderal Soedirman. 

"Saya diperintahkan panglima untuk mengantarkan Panglima Besar Jenderal Soedirman, untuk menyeberang jalan arah Wonogiri-Ponorogo sampai aman untuk memenuhi panggilan Presiden Soekarno di Yogyakarta," jelasnya.

Kini, di masa tuanya sekarang Sanjoto masih berjuang untuk bisa mendapatkan kejelasan status rumah yang selama ini ditinggali. Karena, rumah di Jalan Belimbing Peterongan Semarang itu status kepemilikannya belum jelas. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar