Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Testing Masif Juga Untuk Dapatkan Pasien COVID-19 Asimtomatis

Yulianto Prabowo
Kepala Dinkes Jateng
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pihaknya terus melakukan pemeriksaan tes COVID-19 secara masif di sejumlah daerah, untuk mengetahui persebaran dan penularan virus Korona. Hal itu sejalan dari upaya tracing dan testing, untuk memetakan persebaran dan penularan dari virus Korona.

Menurut Yulianto, pihaknya memang sedang menggiatkan pemeriksaan tes COVID-19 untuk mencapai target 4.991 tes. 

Yulianto menjelaskan, meskipun tidak dilakukan secara acak kepada semua orang di Jateng. Namun, dirinya mengharapkan dari hasil testing itu juga bisa diketahui orang tanpa gejala atau asimtomatis yang bisa menularkan virusnya ke orang lain.

"Utamanya yang asismtomatis atau OTG. Kalau tidak dilakukan test, ya kita tidak tahu. Maka harus kita lakukan tes secara masif, tetapi tetap terstruktur dan sistematis. Kenapa? Ya karena kita harus efektif dan efisien menggunakan sumber daya yang ada. Sumber daya itu bisa manusia, bisa juga Reagennya dan APD-nya serta bahan habis pakai lainnya. Kita tetap harus memprioritaskan yang mempunyai faktor risiko tinggi," kata Yulianto, Jumat (7/8).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, testing masif juga diarahkan kepada kelompok yang rentan terpapar virus Korona. Di antaranya adalah tenaga kesehatan di rumah sakit, dan kelompok masyarakat yang diketahui mempunyai penyakit penyerta. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar