Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

DPS Pilkada 2020 Diumumkan Besok

Paulus Widiyanto
Komisioner KPU Jateng

Semarang-Komisioner KPU Jawa Tengah Paulus Widiyanto mengatakan KPU di 21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada akan mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak, mulai besok 19 September hingga 28 September. Pengumuman dilakukan, agar masyarakat setempat mengetahui namanya masuk DPS atau belum.

Paulus menjelaskan, dari 21 kabupaten/kota di Jateng yang menggelar pilkada tercatat ada 16.262.906 pemilih dan telah dilakukan pencocokan dan penelitian Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sejak 15 Juli sampai 13 Agustus 2020. Dari DPS Pilkada Serentak 2020 yang telah disusun itu rinciannya adalah 7.733.499 pemilih laki-laki, dan pemilih perempuan ada 7.825.788 orang.

Pemilih terbanyak berada di Kota Semarang, tercatat ada 1.180.211 orang. Sedang Kota Magelang paling sedikit jumlah pemilihnya, hanya 93.648 orang.

Menurutnya, penyelenggara pemilu nantinya akan melakukan rekapitulasi hasil perbaikan DPS. Hasilnya, akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020.

"Tahapannya akan diumumkan serentak tanggal 19-28 September. Diumumkan kepada masyarakat, untuk mendapat tanggapan. Bentuk pengumumannya ditempel di tempat-tempat strategis, misal di balai desa atau kelurahan. Tentunya juga akan dilakukan uji publik. Jadi, di semua desa/kelurahan akan melakukan uji publik DPS. Yaitu mengundang mantan PPDP, pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat setempat," kata Paulus, kemarin.

Lebih lanjut Paulus menjelaskan, untuk sementara ini jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 21 kabupaten/kota sebanyak 44.071 TPS. Jumlah tersebut bisa berubah, dan disesuaikan dengan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar