Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pandemi, Pedagang Souvernir Kehilangan Pembeli

Gubernur Ganjar Pranowo menyaksikan seorang pedagang souvenir
yang sedang menyelesaikan sebuah kerajinan tangan.
Semarang-Pedagang souvernir di Kabupaten Magelang mengaku sepi pembeli, lantaran sedang terjadi penyebaran pandemi COVID-19. Kebanyakan, omzet penjualannya turun drastis lebih dari 50 persen.

Karsiti, salah satu pedagang souvenir yang ada di Desa Wisata Candirejo mengakui selama pandemi tidak banyak wisatawan datang berkunjung dan membeli souvenir yang terbuat dari limbah kayu miliknya.

Menurutnya, sebelum pandemi banyak wisatawan yang datang ke Kriya Kayu Rik Rok miliknya itu. Kebanyakan membeli souvenir miniatur sepeda mini, kerokan atau pijatan dari kayu.

"Ya merosot mas penjualannya selama pandemi ini. Tapi saya syukuri saja apa yang jadi rezeki. Kemarin Alhamdulillah ada PKL selama satu minggu. Jadi, Alhamdulillah kita ada rezeki," ujar Karsiti, kemarin.

Sementara pedagang tempe keripik, Ida Rustianti juga mengeluh hal yang sama. Dagangannya nyaris tidak laku selama masa pandemi, dan hanya satu atau dua bungkus saja laku terbeli.

Menurut Ida, sebelum terjadi pandemi dagangannya bisa laku terjual hingga tiga kuintal. Namun sekarang, terjual beberapa kilogram saja.

"Selama Korona ini sepi tidak banyak pembeli. Tapi Alhamdulillah, saya syukuri saja. Selama pandemi ini memang turunnya ya separuh dari sebelum ada pandemi," kata Ida. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar