Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Selama Pancaroba

 Semarang-Musim pancaroba yang terjadi saat ini, menyebabkan intensitas curah hujan tinggi hingga 110 milimeter dalam periode empat jam. Akibatnya, di sejumlah tempat terjadi hujan lebat dengan durasi cukup lama.

  Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam rilis menjelaskan, hujan lebat itu dipicu kondisi atmosfer yang labil, dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin  (konvergensi). Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini, meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah.

 Guswanto menyatakan, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu tiga jam sekali untuk beberapa wilayah di Indonesia. Sehingga, bisa diketahui masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

 "BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan 2020, di mana diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-November 2020. Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke hujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi hujan tidak merata, bisa terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat," kata Guswanto.

 Lebih lanjut Guswanto menjelaskan, pada masa peralihan musim ini perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem. Misalnya hujan lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat atau petir, dan angin kencang hingga angin puting beliung. Bahkan, terkadang terjadi fenomena hujan es.

 "Kami mengimbau kepada masyarakat, agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18 atau mengikuti media sosial @infoBMKG," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar