Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kabupaten/kota Waspadai La Nina

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah

        Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada daerah-daerah rawan bencana, untuk mengantisipasi potensi kebencanaan guna menghadapi fenomena La Nina. Terutama, bencana banjir bandang atau tanggul jebol karena intensitas curah hujan yang tinggi.

            Ganjar menjelaskan, masing-masing kabupaten/kota di Jateng harus menyiapkan posko kebencanaan sebagai antisipasi segala kemungkinan akibat masuknya musim hujan karena fenomena La Nina. Sebab, fenomena La Nina menyebabkan musim hujan datang lebih awal dan lebih panjang. 

        Menurutnya, para bupati/wali kota se-Jateng diminta membuat peta kebencanaan yang memuat potensi bencana di daerahnya masing-masing.

            "Kemungkinan terjadi La Nina. Jadi, musim hujan agak lebih awal dan waktunya lebih panjang. Maka, kemarin sudah ada koordinasi dengan teman-teman dari BBWS dan PSDA untuk kita membicarakan skenario-skenario terkait dengan kemungkinan debit hujan yang tinggi. Sekarang semua mesti siaga. Maka, daerah-daerah yang masuk rawan bencana harus mengambil inisiatif, jangan nunggu perintah," kata Ganjar, Rabu (7/10).

        Lebih lanjut Ganjar juga meminta kepada bupati/wali kota se-Jateng untuk terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengurangan risiko bencana. Termasuk, menghidupkan kembali desa tangguh bencana dan menggerakkan relawan tangguh bencana. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar