Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kita Sudah Siapkan Langkah Penanganan Klaster Pondok Pesantren

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah

        Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, berkaitan dengan munculnya klaster penularan COVID-19 di sejumlah pondok pesantren. Pemprov juga telah menyiapkan langkah-langkah penanganannya, namun tetap membutuhkan kerja sama dengan pengelola pondok pesantren guna mengatasi persoalannya.

            Ganjar menjelaskan, dirinya sudah menyampaikan kepada Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan berkaitan dengan penanganan klaster pondok pesantren di Jateng. Penanganan klaster pondok pesantren di Jateng, harus dilakukan dengan cepat untuk menghindari penularan lebih banyak lagi.

                Menurutnya, langkah yang disiapkan untuk penanganan klaster pondok pesantren dengan mengimplementasikan program Jogo Santri dan Jogo Kiai secara baik dan benar. 

                "Beberapa yang harus kita lakukan adalah membuat protokol kesehatan, yang ada di pondok pesantren dan harus dibuatkan champion-champion pondok pesantren yang siap. Siapa yang mendamping? Yang mendampingi Dinas Kesehatan yang ada di kabupaten/kota atau provinsi. Terus siapa lagi,? Kemenag dan pihak-pihak yang peduli, serta terlibat dalam pondok pesantren. Maka, butuh kerja sama antara pengelola pondok pesantren dengan pemerintah," kata Ganjar saat rapat dengan pemerintah pusat secara daring, kemarin.

            Lebih lanjut Ganjar juga telah meminta kepada bupati/wali kota yang daerahnya terdapat klaster pondok pesantren, untuk mengoptimalkan fungsi Jogo Tonggo di sekitarnya. Termasuk, menggiatkan operasi protokol kesehatan kewajiban memakai masker dan tidak berkerumun.

           "Kunci penanganan klaster di pondok pesantren ada pada para kiai atau pengelolanya. Kita butuh kader-kader protokol kesehatan di lingkungan pondok pesantren, untuk melatih pencegahan virus Korona," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar