Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Soekowardojo: Kegiatan Usaha Triwulan Ketiga di Jateng Masih Lesu

Soekowardojo
Kepala KPw BI Jateng
        Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Soekowardojo mengatakan kegiatan dunia usaha pada triwulan ketiga tahun ini, masih mengalami penurunan. Penurunan kegiatan usaha pada triwulan ketiga, masih disebabkan karena pandemi COVID-19.

        Soekowardojo menjelaskan, dari hasil survei kegiatan dunia usaha di Jateng masih mengindikasikan kegiatan dunia usaha pada triwulan ketiga tahun ini mengalami penurunan. Hal itu tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) sebesar -11,03 persen. Nilai tersebut masih lebih baik bila dibanding periode sebelumnya sebesar -47,75 persen.


        Menurutnya, kondisi yang belum stabil tersebut juga didukung masih adanya pembatasan sosial sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di masyarakat. Sehingga, mobilitas barang dan orang menyebabkan kegiatan produksi dan usaha terhambat.

        "Berdasarkan sektornya, penurunan aktivitas dunia usaha terbesar terjadi pada industri pengolahan yang merupakan salah satu sektor utama di Jawa Tengah. Selain itu, sektor perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan motor juga mengalami penurunan kegiatan usaha. Penurunan kegiatan usaha dan kapasitan usaha pada triwulan ketiga 2020, menyebabkan penurunan kegiatan atau penggunaan tenaga kerja," kata Soekowardojo, Senin (26/10).

        Lebih lanjut Soekowardojo menjelaskan, sejalan dengan penurunan kegiatan usaha juga berdampak pada kondisi keuangan masyarakat. Bahkan, penurunan kegiatan usaha juga mendorong penurunan penggunaan tenaga kerja. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar