Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Aprillia, Guru Inspiratif Asal Temanggung

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan Aprillia Palupi, 
guru inspiratif dari SMKN 1 Bansari, Temanggung.
            Semarang-Aprillia Palupi merupakan asal Kabupaten Temanggung, yang mengajar di SMKN 1 Bansari. Dia didapuk menjadi guru inspiratif tingkat nasional 2020, dan mendapat penghargaan medali emas karena dianggap sebagai guru paling inspiratif se-Indonesia.

    Aprillia menjelaskan, munculnya pandemi COVID-19 dan sistem pelajaran menjadi pengajaran jarak jauh harus mampu menjadikan guru berbuat kreatif dan penuh inspiratif. Sehingga, para siswa tidak jenuh menerima pelajaran meskipun dilakukan dari rumah masing-masing.

            Aprillia menjelaskan, memeringati Hari Guru Nasional di tengah pandemi ini harus lebih banyak guru yang kreatif dan inspiratif. Sehingga, para siswa yang belajar dari rumah tetap bisa menerima dan menangkap pelajaran dengan baik.

            "Tadinya saya berpikir, sebelum ada pandemi Korona sudah menggunakan aplikasi ini untuk pembelajaran jarak jauh. Sebelumnya aplikasinya sudah banyak digunakan orang, pakai mobile exam dan nulisnya pakai Microsoft form. Tapi itu saya gunakan saat di luar materi pelajaran. Jadi, uji coba pertama seperti ini. Ternyata, respon anak-anak senang banget dan tertarik sepertinya. Di tempat saya itu menjadi hal baru, dan saat ada pandemi Korona ini aplikasi ini bisa diterapkan," kata Aprilia, kemarin.

        Lebih lanjut Aprillia menjelaskan, sebagai seorang guru maka harus mampu menjadi panutan bagi para siswanya. Sehingga, kehadirannya mampu memberikan uluran tangan kepada para muridnya dalam kondisi apapun.

    "Jadilah guru yang inspiratif, mampu memecahkan masalah yang dihadapi di lingkungannya. Jangan menjadi guru yang hanya duduk di belakang meja saja," jelasnya.

        Sebelumnya, Aprillia juga pernah mendapat penghargaan serupa tahun sebelumnya. Yakni Kompetensi Keahlian Guru Produktif Bidang Pertanian, dan mendapatkan medali emas. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar