Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar Minta Pelaku Usaha Terus Berinovasi di Masa Pandemi

Gubernur Ganjar Pranowo melihat sebuah payung buatan
pelaku UMKM dengan gambar dirinya.

    Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta para pelaku usaha terus berkarya dan berinovasi, meskipun pandemi COVID-19 belum mereda. Sebab, beberapa produk dari pelaku UMKM ternyata masih laku di pasaran internasional meski jumlah permintaan tidak banyak.

        Ganjar menjelaskan, ada banyak produk buatan UMKM asal Jateng yang masih memiliki pasar potensial di luar negeri. Misalnya produk aneka kain dan keripik singkong.

        Menurutnya, para pelaku UMKM harus bisa berinovasi untuk tetap bertahan dan terus berproduksi di masa pandemi.

            "Kain yang digambar, ternyata sampai ke Tiongkok dan Singapura. Meskipun hari ini tidak bisa dalam jumlah besar, ternyata dalam jumlah kecil dia bisa jualan. Dan market luar menjadi potensial yang bisa diharapkan. Mereka itu 70 persennya masih bisa produksi. Produk lainnya juga keripik singkong yang mengalami kenaikan 30 persen. Ekspor ke Eropa siapa yang menduga dan tahun ini bisa mendorong penyerapan tenaga kerja juga," kata Ganjar, kemarin.

        Ganjar lebih lanjut menjelaskan, bagi para pelaku UMKM asal Jateng yang masih bertahan dan tetap berproduksi akan didampingi pemprov. Bahkan, pemprov akan mendorong dan memberikan insentif untuk meningkatkan produktivitasnya.

        "Kalau produksinya naik, maka membuka lapangan kerja. Maka, kami tidak ragu untuk memberikan insentif bagi pelaku UMKM," pungkasnya. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar