Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Peni: Ekonomi Jateng Ditarget Bisa Minus 1,5 Persen di Akhir Tahun

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan pedagang yang 
berjualan di masa pandemi.
    Semarang-Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jawa Tengah Peni Rahayu mengatakan pemerintah terus memaksimalkan segala upaya dan kebijakan, dalam mendongkrak pertumbuhan hingga akhir tahun di masa pandemi ini. Sehingga, ekonomi Jateng terus mengalami peningkatan meski sedikit demi sedikit. 

    Peni menjelaskan, meskipun pertumbuhan ekonomi di Triwulan III masih minus namun sudah ada pergerakan kenaikan dan kontraksi tidak terlalu dalam. Pertumbuhan ekonomi di Triwulan III sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, mengalami kontraksi sebesar 3,93 persen dan lebih baik dibanding sebelumnya.

    Menurutnya, rerata pertumbuhan di Pulau Jawa berada di angka 3,43 persen dan Jateng masih berada di atasnya.

    "Industri perdagangan masih turun. Beberapa kisi-kisi yang harus kita tingkatkan, pertama karena sudah mulai masuk musim hujan dan sudah tidak panen maka pertanian kemungkinan akan turun. Terutama untuk padi. Jadi, kami minta teman-teman di sekotor pertanian untuk meningkatkan produksi hasil pertaniannya tidak hanya tergantung padi saja tapi juga komoditas lain. Bawang merah dan bawang putih misalnya, untuk meningkatkan jangan sampai anjlok lagi," kata Peni, Rabu (11/11).

    Lebih lanjut Peni menjelaskan, ada beberapa sektor ekonomi di Jateng yang tumbuh positif. Beberapa di antaranya adalah pertanian yang tumbuh enam persen lebih, dan sektor transportasi juga sudah mulai menggeliat. Sehingga, di akhir tahun ditargetkan pertumbuhan ekonomi Jateng bisa mencapai minus 0,5-1,5 persen.

    "Beberapa upaya yang terus digenjot untuk bisa meningkatkan perekonomian Jateng di masa pandemi, di antaranya juga soal pembukaan obyek wisata sesuai standar protokol kesehatan. Sebab, pembukaan obyek wisata di Jateng juga bisa memberikan nilai tambah bagi sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar