Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Seluruh Desa di Jateng Diupayakan Terbentuk Destana

        Semarang-Pelaksana tugas Kalahar BPBD Jawa Tengah Safrudin mengatakan pihaknya terus mengupayakan, agar terbentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di 7.809 desa di seluruh Jateng. Saat ini, baru terbentuk 552 Destana.

        Safrudin menjelaskan, Destana merupakan bagian dari upaya pengurangan risiko bencana yang berbasis komunistas (PRBK). Yakni dengan melibatkan masyarakat desa setempat, agar warga desa mampu mengenali karakter wilayahnya masing-masing dan potensi kebencanaannya serta cara penanganannya.

        Menurutnya, dengan Destana akan membuat warga paham dan memudahkan berkoordinasi dengan BPBD terdekat apabila terjadi bencana.

        "Sekitar 552 desa tangguh bencana, baik yang dibentuk pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota. Kita sudah beri bekal ancamannya. Itu yang pertama, harus kenal dengan ancamannya dulu. Terus kelompok rentannya. Bahkan harus membuat rencana penanggulangan bencana, dan pembentukan forum pengurangan risiko bencana," kata Safrudin, baru-baru ini.

            Lebih lanjut Safrudin menjelaskan, pembentukan Destana tidak hanya kewenangan dari pemerintah provinsi saja atau kabupaten/kota. Namun, pemerintah desa juga bisa berpartisipasi dengan mengalokasikan dana desa yang dimiliki untuk pembiayaan operasional Destana.

        "Jawa Tengah itu kan dikenal sebagai lumbung bencana, dengan adanya Destana di semua desa akan sangat penting artinya. Karena, warga desa paham dengan ancamannya dan tahu cara penanganannya," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar