Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bawaslu: Dugaan Politik Uang di Pilkada 2020 Sedang Ditelusuri

Rofiudin
Komisioner Bawaslu Jateng
    Semarang-Komisioner Bawaslu Jawa Tengah Rofiudin mengaku masih menelusuri adanya dugaan politik uang, yang terjadi di sejumlah daerah di Jateng. Dugaan adanya politik uang itu dilaporkan kelompok masyarakat, saat Pilkada Serentak 2020.

    Menurutnya, apabila peristiwa tersebut memenuhi unsur tindak pidana dugaan politik uang maka akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang ada.

    Rofi menjelaskan, dugaan politik uang yang dilaporkan itu terjadi di beberapa daerah penyelenggara pilkada. Yakni di Kabupaten Pekalongan, Purworejo, Pemalang dan Purbalingga. Saat ini, petugas Bawaslu setempat sedang melakukan penelusuran dan pengumpulan bukti-bukti dari dugaan politik uang.

    "Sampai saat ini Bawaslu masih melakukan proses penelusuran, apakah benar terjadi peristiwa dugaan politik uang. Jadi, sampai hari ini masih kami telusuri dan dalami. Memang sudah ada beberapa yang diproses register tapi rata-rata masih dalam proses penelusuran dan pendalaman," kata Rofi, Kamis (10/12).

    Lebih lanjut Rofi menjelaskan, beberapa pelanggaran lainnya yang sudah ditangani Bawaslu masing-masing kabupaten/kota di Jateng adalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 95 kasus dan pelanggaran netralitas kepala desa sebanyak 63 kasus. Selain itu, pada saat hari pemungutan suara juga ditemukan sejumlah pelanggaran dan telah ditangani di lokasi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar