Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Rp11,5 T Disiapkan BI Jateng Untuk Kebutuhan Uang Kartal Saat Nataru

Pribadi Santoso
Kepala KPw BI Jateng
    
    Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan selama masa libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan menyiapkan Rp11,5 triliun uang kartal bagi masyarakat. BI juga meminta perbankan, menyiapkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di setiap rest area untuk memenuhi kebutuhan selama masa libur akhir tahun.

    Pribadi menjelaskan, masa libur akhir tahun ini diperkirakan permintaan uang kartal terjadi penurunan akibat penurunan kegiatan ekonomi. Padahal dalam empat tahun sebelumnya, di masa akhir tahun permintaan akan uang kartal selalu mengalami peningkatan hingga 22 persen dari hari biasa. 

      Menurutnya, pada akhir tahun ini kebutuhan uang kartal hanya meningkat 11 persen saja.

        "Persediaan uang kartal yang kita siapkan itu, bisa untuk dua bulan ke depan. Jadi, sudah lebih dari kebutuhan Nataru untuk seluruh Jawa Tengah. Tetapi, kami imbau kepada masyarakat untuk tetap mengoptimalkan yang nontunai. Transaksinya pakai digital. Tapi kalau masih butuh uang kartal tetap kami siapkan," kata Pribadi di kantor gubernuran, Selasa (22/12).

    Lebih lanjut Pribadi menjelaskan, pada masa libur akhir tahun ini pihaknya juga memastikan komoditas kebutuhan pokok masyarakat Jateng masih terjamin. Bahkan, dirinya menjamin tidak ada kenaikan harga komoditas pokok di akhir tahun ini. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar