Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BMKG Minta Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

    Semarang-Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih mengatakan cuaca ekstrem yang terjadi di puncak musim hujan di perairan utara Jawa Tengah, bisa menimbulkan gelombang ombak tinggi antara 1,5-3 meter. Tingginya gelombang ombak di perairan utara Jateng itu, harus diantisipasi dan diwaspadai para nelayan yang akan melaut. 

    Menurutnya, nelayan yang akan berangkat melaut diimbau untuk selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Maritim setempat. 

    Retno menjelaskan, pada 29-31 Januari 2021 atau tiga hari ke depan diperkirakan tinggi gelombang antara 2,5-4 meter terjadi di wilayah Laut Jawa bagian Tengah hingga perairan Karimunjawa dan sepanjang pantai utara dari Brebes hingga Rembang. Pihaknya juga telah beberapa kali mengeluarkan peringatan dini sepanjang Januari 2021 ini, agar nelayan tidak melaut dan menambatkan kapal secara kuat.

    "Kemudian untuk prediksi angin dan gelombang tiga hari ke depan, ada peningkatan aktivitas angin dan gelombang di Laut Jawa bagian utara sampai Kalimantan Tengah. Tiga hari ke depan diperkirakan gelombang antara sedang sampai tinggi, yaitu 2 meter-3,5 meter untuk pantai utara Jawa Tengah. Kecepatan angin diperkirakan 5-30 knot," kata Retno, Jumat (29/1).

    Lebih lanjut Retno menjelaskan, untuk pergerakan angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari utara ke timur dengan kecepatan angin 5-25 knot. Sehingga, perahu nelayan dan kapal tongkang serta kapal penyeberangan diminta untuk mewaspadai terjadinya angin kencang hingga gelombang tinggi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar