Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gerakan Sedulur Tunggal Banyu Rawat Mata Air Desa Margoyoso

Gubernur Ganjar Pranowo ikut menanam pohon di Desa 
Margoyoso, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.
    Semarang-Desa Margoyoso di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang memiliki cara unik untuk merawat mata air dan kelestarian lingkungan. Yakni, dengan Gerakan Sedulur Tunggal Banyu.

    Kades Margoyoso, Adi Daya mengatakan dulu wilayahnya menjadi langganan kekeringan setiap tahun dan selalu meminta bantuan droping air bersih ke BPBD Kabupaten Magelang. Namun, seiring berjalannya waktu keadaan menjadi berubah setelah ada peraturan desa tentang larangan menebang pohon besar dan menggalakkan penanaman pohon.

    Adi Daya menjelaskan, melalui Gerakan Sedulur Tunggal Banyu juga mampu menjaga kelestarian lingkungan sehingga mata air tetap terjaga. Sehingga, tidak hanya warganya saja tetapi warga di kabupaten tetangga bisa ikut menikmatinya.

    Menurutnya, dengan menjaga mata air ini maka bisa menjaga persaudaraan.

    "Masalah air ini menjadi perhatian serius. Di mana hampir setiap tahun, dahulu kami meminta droping air bersih dari BPBD Kabupaten Magelang. Tapi semakin ke sini, setiap tahun Alhamdulillah kita sudah tidak lagi meminta droping air. Kita kemudian berpikir bagaimana cara mendapatkan mata air. Nah, untuk merawatnya kita ada peraturan di mana ketika luas lahan dua ribu meter persegi di situ ada pohon, maka tidak boleh ditebang," kata Adi Daya, kemarin.

    Lebih lanjut Adi Daya menjelaskan, setidaknya ada 88 mata air di Kecamatan Salaman dan diperlukan pelestarian agar mampu memberikan penghidupan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat mendapat tugas untuk mengelola dan merawat serta mengkonservasi seluruh mata air yang ada. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar