Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Arca Agastya Ditemukan di Bandungan

Warga mengambil gambar arca Agastya yang ditemukan warga 
Desa Sidomukti, di Kecamatan Bandungan, Kab. Semarang.
    Semarang-Arca Agastya ditemukan seorang warga Desa Sidomukti di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang bernama Faisal. Saat ini, Arca Agastya tersebut disimpan di rumah warga.

    Arkeolog Semarang Tri Subekso mengatakan warga Desa Sidomukti yang bernama Faisal itu, menemukan sebuah arca Agastya saat sedang melakukan penggalian tanah di pembangunan rumahnya. Saat ditemukan, arca Agastya itu dalam kondisi masih relatif utuh. 

    Subekso menjelaskan, arca Agastya masih terlihat jelas atribut kedewaannya. Yakni memegang kendi (kamandalu), perut cenderung buncit dan senjata trisula. 

    Menurutnya, dari kondisi arca Agastya itu pahatannya memakai kaki sebatas mata kaki dan kelat bahu serta memakai gelang kaki dan memiliki sandaran. Dari bentuknya, diperkirakan arca itu dipastikan pernah menjadi bagian dari bangunan candi.

    "Penemuan arca Aghasia yang ada di Desa Sidomukti ini, diawali dari adanya infor bahwa ada salah seorang penduduk di Dusun Geblog yang menemukan sebuah arca yang terpendam dalam tanah. Jadi ketika warga tersebut yang bernama Mas Faisal sedang membangun rumah, dan ternyata ketika digali ada temuan arca. Arca ini kemudian diamankan Mas Faisal di rumahnya," kata Subekso, Sabtu (6/2).

    Lebih lanjut Subekso menjelaskan pada candi-candi di Pulau Jawa, biasanya arca Agastya ditempatkan di relung selatan candi. Dalam ajaran Hindu, nama Rsi Agastya banyak disinggung dalam kesusastraan kuno dan prasasti. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar