Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bandara Ahmad Yani Kembali Beroperasi Kemarin

GM Bandara Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto (rompi hijau)
menunjukkan landasan yang sempat tergenang banjir pada Sabtu 
(6/2) kemarin.
    Semarang-General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan bandara sudah beroperasi kembali pada Minggu (7/2) kemarin setelah pada Sabtu (6/2) sempat ditutup karena ada genangan air di landasan pacu atau runway. Saat ini, layanan penerbangan sudah bisa berjalan normal seperti biasa.

    Menurutnya, karena cuaca buruk pada Sabtu (6/2) kemarin pihaknya terpaksa menutup aktivitas bandara berdasar Notice to Airmen (NOTAM) yang dikeluarkan pihak terkait. Setelah dilakukan pembersihan dan mengerahkan 54 unit pompa, genangan air di landasan pacu atau runway bisa dikeringkan. 

    Hardi menjelaskan, setelah cuaca dirasakan sudah membaik dan diterbitkan NOTAM terbaru maka bandara kembali beroperasi normal. Pada saat dibuka kembali, terdapat 26 penerbangan dari dan menuju Bandara Ahmad Yani Semarang. Namun, pada saat itu juga terdapat penerbangan tujuan Semarang-Denpasar dari maskapai Wing Air IW 1802 batal terbang.

    "Saya informasikan kepada seluruh pengguna jasa bandara, bahwa Minggu tanggal 7 Februari 2021 bandara sudah on progress dan sudah saya buka. Untuk beberapa penerbangan ke Pangkalan Bun, Surabaya, Jakarta dan Banjarmasin sudah kita buka. Insya Allah penanganan banjir sudah selesai, dan bandara dalam kondisi aman siap dipakai," kata Hardi, Minggu (7/2) kemarin.

    Hardi lebih lanjut menjelaskan, sejumlah petugas juga disiapsiagakan untuk menjaga landasan tetap kering tidak ada genangan air menggunakan kendaraan Runway Sweeper. Selain itu, pihaknya juga membantu calon penumpang atau penumpang yang akan menuju dan ke luar bandara menggunakan kendaraan milik Lanumad Ahmad Yani. Sebab, akses dari dan menuju bandara tidak bisa dilalui kendaraan kecil akibat tergenang banjir.

    Sebelumnya, akibat genangan air di sekitar landasan atau runway di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang maka dilakukan penutupan sementara. 

    Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Heri Trisno Wibowo mengatakan saat dilakukan penutupan bandara karena landasan tergenang air, pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Semarang yang sedianya mendarat pada pukul 07.55 WIB harus dialihkan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya.

    "Akibat curah hujan yang cukup tinggi tadi malam hingga pagi ini, menyebabkan genangan air di sebagian sisi selatan runway. Saat ini kondisinya sudah mulai berkurang, dengan mengoptimalkan 54 pompa air untuk mengurangi debit air tersebut. Untuk kondisi penerbangan yang baru terdampak adalah pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Semarang, dan saat ini dialihkan pendaratannya ke Bandara Juanda Surabaya sambil menunggu kondisi cuaca di Semarang baik untuk kembali terbang menuju Semarang," ucap Heri. (K-08)


Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar