Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Banjir di Runway Bandara Ahmad Yani Jadi Bahan Evaluasi

Sejumlah pesawat maskapai Wings Air parkir di Bandara Ahmad 
Yani Semarang.
    Semarang-General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan pihaknya sudah melakukan evaluasi, berkaitan dengan adanya banjir yang menggenangi landasan atau runway. Sejumlah stakeholder terkait dilibatkan, untuk penanganan jangka pendek menghadapi cuaca ekstrem di puncak musim hujan.

    Hardi menjelaskan, stakeholder yang dilibatkan dalam evaluasi penanganan banjir di runway antara lain adalah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juwana, Dinas Pusdataru Jawa Tengah dan konsultan dari PT Geo Sarana Guna dan LPPM Universitas Diponegoro.

    Menurutnya, bandara akan mengambil sejumlah langkah dalam evaluasi pengendalian banjir secara menyeluruh. Tujuannya, agar pada saat hujan turun dengan intensitas tinggi bisa diantisipasi adanya genangan air di runway.

    "Angkasa Pura I akan melaksanakan dan mengevaluasi pengendalian banjir di sisi udara dan sisi darat secara menyeluruh. Review kondisi drainase dan pompa existing yang saat ini ada, dan mengevaluasi pengolahan air di bandara. Di mana kapasitas, lokasi pembuangan air dan evaluasi kualitas struktur pengerasan landasan akibat banjir," kata Hardi, Selasa (9/2) sore.

    Hardi lebih lanjut menjelaskan, sesuai arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya saat meninjau bandara itu pihaknya langsung bergerak cepat. Terutama, menginventarisasi sistem pengendalian air dan kapasitas pompa di bandara. Sehingga, manajemen penanganan kedaruratan bisa diambil secepat mungkin.

    "Dari hasil evaluasi penanganan banjir di runway itu, kami akan menyelaraskan rencana antisipasi kejadian banjir tidak terulang kembali. Tidak hanya di area bandara saja, tetapi juga akses menuju bandara tidak lagi terendam banjir. Sehingga, operasional penerbangan selalu berjalan dengan baik dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar