Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BMKG: Waspadai Bibit Siklon Tropis

Dwikora Karnawati
Kepala BMKG
    Semarang-Kepala BMKG Dwikora Karnawati meminta masyarakat Jawa Tengah dalam dua hari ini, untuk mewaspadai perkembangan bibit siklon tropis yang memicu cuaca ekstrem. Terutama, hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang dan kemunculan petir.

    Dwikora menjelaskan, perkembangan bibit siklon tropis selama dua hari ini yang melintas wilayah Indonesia harus diwaspadai. Sebab, beberapa hari terakhir ini curah hujan bisa mencapai 184 milimeter di atas normal.

    Menurutnya, beberapa wilayah yang masih perlu meningkatkan kewaspadaan selain wilayah Jateng adalah Jawa Barat dan juga Banten.

    "Saat ini sudah mulai bergerak ke arah selatan Jawa Barat, dan kemudian menjauh dari wilayah Indonesia. Jadi yang saat ini perlu siaga adalah Banten, Jawa Barat dan kemudian sebagian Jawa Tengah. Potensinya hujan lebat dan disertai angin kencang," kata Dwikora saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo, Kamis (25/2).

    Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, bahwa siklus cuaca ekstrem dan kebencanaan sudah menjadi bahan kajian. Bahkan, sejak 1800an telah ada penelitian mengenai pemanasan global.

    Oleh karena itu, masyarakat harus semakin waspada dengan potensi kebencanaan yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Sehingga, mampu meminimalkan risiko dari dampak bencana yang terjadi.

    "Kira-kira awal April itu masih ada hujan. Jadi semua mesti siaga. Hampir setiap haris informasi BMKG itu penting untuk kita ketahui. Minimal masyarakat siaga, sehingga daerah-daerah yang memang ada potensi-potensi banjir dan tanah longsor harap semua selalu siaga," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar