Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BPS: Pengangguran Terbuka di Jateng Naik

    Semarang-Kepala BPS Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan pengangguran terbuka mengalami peningkatan sejak pandemi, atau naik hingga 2,04 persen. Sebanyak 3,90 juta penduduk usia kerja, terdampak akibat pandemi COVID-19.

    Sentot menjelaskan, selama 2020 kemarin ekonomi Jateng mengalami kontraksi sebesar 2,65 persen. Akibatnya, kegiatan ekonomi masyarakat Jateng mengalami dampak dari pandemi COVID-19.

    Menurutnya, hasil survei yang dilakukan pada Agustus 2020 kemarin dari 3,90 juta penduduk usia produktif sebanyak 377 ribu penduduk di antaranya menjadi pengangguran. Sedangkan 3,19 juta penduduk usia kerja mengalami pengurangan jam kerja.

    "Data Agustus 2020, bahwa tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah meningkat 6,48 persen dari sebelumnya 4,44 persen. Jadi, dalam enam bulan terakhir itu kira-kira terjadi kenaikan 2,04 persen pengangguran terbuka. Bahwa COVID-19 telah berdampak terhadap 3,90 juta penduduk usia kerja di Jawa Tengah," kata Sentot, kemarin.

    Lebih lanjut Sentot menjelaskan, dengan semakin rendahnya pendapatan masyarakat Jateng itu semakin berpotensi mengalami penurunan. Lebih dari 65 persen masyarakat dengan pendapatan kurang Rp1,8 juta per bulan mengalami penurunan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar