Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: PPKM Mikro Lebih Detil Dalam Menekan Kasus COVID-19

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
    Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya sudah memiliki peta persebaran zona merah, dan saat ini ada enam daerah masuk kategori zona merah. Yakni Kabupaten Purbalingga, Purworejo, Wonogiri, Pati dan Kota Surakarta serta Kota Semarang.

    Ganjar menjelaskan, pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro ini diharapkan bisa menekan persebaran angka kasus COVID-19 di Jateng. Sebab, zona merah di level desa/kelurahan sudah ada datanya dan telah dilakukan sejumlah upaya penanganannya.

    "Jadi kami ngitungnya tidak pada enam zona merah level kabupaten/kota, tapi kita lihat di desanya itu. Maka kita petakan per desa/kelurahannya," kata Ganjar, kemarin.

    Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, saat ini data zona merah di tingkat desa/kelurahan ada 158 daerah. Sedangkan dengan tingkat risiko sedang ada 2.486 desa/kelurahan, dan risiko rendah ada 1.275 desa/kelurahan.

    Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan, sebanyak 4.937 personel Bhabinkamtibmas dikerahkan untuk membantu PPKM skala mikro di level desa/kelurahan. Selain itu juga diperbantukan, untuk melakukan tracing kepada kontak erat masyarakat yang terpapar COVID-19.

    Menurutnya, para personel Bhabinkamtibmas lebih memahami wilayahnya masing-masing dan paham dengan kondisi masyarakat setempat.

    "Ada Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak, mereka melakukan tracking kepada masyarakat. Jadi kita punya 1.062 kelurahan di seluruh Jawa Tengah itu sudah ada poskonya, dan perangkatnya posko lengkap. Di perangkat posko itu ada data masyarakat kita berapa jumlahnya dan rumahnya di mana," ujar kapolda. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar