Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

UKM Bakal Jadi Korporatisasi Untuk Gaet Pasar Lebih Luas

Gubernur Ganjar Pranowo saat melihat pekerja di pabrik 
furnitur menyelesaikan pembuatan kursi anyaman bambu.
    
    Semarang-Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan pihaknya akan menggabungkan sejumlah UKM potensial dan unggulan, menjadi korporatisasi guna meningkatkan akses pasar ekspor dan meningkatkan akses pembiayaannya. Pihaknya juga menggandeng Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng, guna memberikan pendampingan peningkatan kapasitas pelaku UKM.

    Ema menjelaskan, saat ini pihaknya sedang merintis UKM korporatisasi di Kabupaten Demak dengan sasaran para petani untuk pemenuhan kebutuhan beras. 

    Koperasi-koperasi petani di Demak yang akan dijadikan korporatisasi UKM itu, sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

    Menurutnya, untuk bisa mewujudkan korporatisasi UKM ini juga harus melibatkan sejumlah pihak dan salah satunya adalah Bank Indonesia sebagai mitra kerja.

    "Makanya kita garap klaster, dan klaster yang sudah berkoperasi supaya bisa menjadi korporatisasi. Targetnya pak presiden itu kalau bisa UKM bergabung, kemudian berkoperasi dan koperasi itu membuat pabrik. Jadi skalanya besar dan jangan yang kecil, itu yang kita kembangkan. Yang pertama sedang kita buat adalah di Demak, yakni beras. Petani yang tergabung dalam koperasi lokal Demak kita perluas, jadi koperasi provinsi dengan keanggotaan kita naikkan minimal 1.000 petani," kata Ema usai mengikuti pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021 di Kantor Bank Jateng, Rabu (3/3) kemarin.

    Lebih lanjut Ema menjelaskan, sektor lain yang akan digarap dan dijadikan UKM korporatisasi adalah furnitur di Kabupaten Sragen dan Klaten dengan factory sharing. Yakni mulai dari bahan baku, penggergajian hingga pengeringan dikelola factory sharing. Sehingga, selesai dikerjakan factory sharing menjadi partikel bagian furnitur akan digarap UKM-UKM yang bergabung. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar