Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Aplikasi e-Makaryo Banyak Diminati Pencari Kerja

Staf Dinakertrans Jateng menunjukkan aplikasi e-Makaryo.
    Semarang-Pelaksana tugas Kepala Dinakertrans Jawa Tengah Sakina Rosellasari mengatakan pihaknya mengembangkan aplikasi e-Makaryo tahap kedua, yang rencananya akan diluncurkan pada Mei 2021 nanti. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

    Menurutnya, aplikasi tersebut menjadi jembatan bagi para pencari kerja di wilayah Jateng dengan pemberi kerja atau pengusaha.

    Sakina menjelaskan, aplikasi e-Makaryo adalah aplikasi bursa kerja online resmi milik Pemprov Jateng dan dikelola langsung jajarannya bersama Dinas Tenaga Kerja yang ada di kabupaten/kota. Aplikasi itu sudah terhubung dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) se-Jateng, dan menyediakan ribuan lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja.

    Calon tenaga kerja yang telah mendaftar sebelumnya, tinggal masuk dan mencari lowongan pekerjaan sesuai keinginan serta kebutuhan dari perusahaan pemberi kerja.

    "Kita ada e-Makaryo, aplikasi untuk menjembatani para pencari kerja dengan pemberi kerja. Jadi, beberapa perusahaan membuka lowongan dan tidak sedikit juga. Kami bekerja sama dengan BKK, bursa kerja dari SMK-SMK itu. Kami lebih melakukan pendekatan seperti itu, karena mungkin aplikasi bursa kerja banyak sekali. Tapi kita lebih spesifik menggandeng BKK," Sakina.

    Sakina lebih lanjut menjelaskan, selama masa pandemi dan sejak diluncurkan pada tahap pertama sudah banyak para pencari kerja yang memanfaatkannya. Bahkan, dalam setiap harinya ada ratusan pencari kerja memasukkan lamaran.

    "Dalam aplikasi e-Makaryo juga memudahkan pemberi kerja atau perusahaan, menyaring pencari kerja sesuai kebutuhannya. Sehingga, perusahaan cukup terbantu dengan aplikasi e-Makaryo dan tidak dipungut biaya," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar