Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kita Sewa Rusun Milik Kementerian PUPR Jadi Tempat Isolasi Terpusat

Gubernur Ganjar Pranowo melihat rusun milik Kementerian
PUPR yang akan dipinjam dan dijadikan sebagai tempat 
isolasi terpusat di Kota Semarang.
    Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mwngatakan pihaknya meminjam rumah susun milik Kementerian PUPR di Kelurahan Sumurboto Banyumanik, untuk dijadikan tempat isolasi terpusat di Kota Semarang. Pernyataan itu dikatakan saat meninjau lokasi rusun milik Kementerian PUPR di Banyumanik, kemarin.

    Menurutnya, penambahan tempat isolasi terpusat sebagai antisipasi apabila terjadi kenaikan kasus positif COVID-19.

    Ganjar menjelaskan, pihaknya sudah berkomunkasi dengan Kementerian PUPR untuk meminjamkan sementara waktu rusun milik ASN yang belum dipergunakan. 

    "Ini rusunawa ASN sebenarnya, dan belum dipakai. Ada kurang lebih 94 unit. Kalau satu ruangan dikasih dua saja udah lumayan, bisa kita menampung banyak. Tempatnya juga sangat representatif bagus gitu ya. Mudah-mudahan nantinya kalau kita mengantisipasi adanya outbreak dan perlu isolasi terpusat, ini ada di Kota Semarang," kata Ganjar.

    Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, saat ini zona merah di Jateng menjadi 13 daerah dan beberapa daerah semula kategori oranye berubah menjadi zona merah. Selain Kudus, Pati, Jepara dan Demak juga ada Kota Semarang serta Kabupaten Semarang.

    Sementara itu Pelaksana harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Mas'ut menyatakan, pihaknya mulai mengarahkan pasien terpapar COVID-19 tanpa gejala ke Rusunawa Bakalan Krapyak. Tujuannya, agar penanganan dan proses penyembuhan lebih cepat bila dibanding isolasi mandiri di rumah. Sebelumnya, Pemkab Kudus sudah mengirimkan 529 orang terpapar COVID-19 ke Asrama Haji Donohudan, dan 86 orang sudah dipulangkan karena dinyatakan sembuh.

    Mas'ut menjelaskan, Rusunawa Bakalan Krapyak memiliki 180 tempat tidur dan bisa dijadikan tempat isolasi terpusat bagi warga Kudus yang terpapar COVID-19. Selain rusunawa, juga ada tempat isolasi terpusat lainnya di Kudus yang sudah dipersiapkan dengan total tempat tidur ada 308 unit.

    "Karena pandemi ini kan tidak hanya di Kabupaten Kudus, peningkatan drastis hampir merata di beberapa wilayah. Pati, Jepara dan Demak juga naiknya drastis cukup tinggi. Sehingga, apabila nanti memang betul-betul situasi tidak memungkinkan kita sudah mengupayakan rapat koordinasi untuk lintas sektoral untuk persiapan rusunawa," ucap Mas'ut. (K-08)


Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar