Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Panic Button, Tombol Pencegah Kejahatan

Kombes Pol Irwan Anwar
Kapolrestabes Semarang
    Semarang-Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengimbau para pemilik tempat usaha memasang tombol panik atau panic button guna mencegah kejahatan. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di Command Center Mapolrestabes, belum lama ini.

    Menurutnya, saat ini aplikasi tersebut masih terus dikembangkan dan disosialisasikan serta dikerjasamakan dengan Pemkot Semarang.

    Irwan menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan pemilik usaha atau minimarket untuk pemasangan tombol panik di tempat usahanya guna mencegah atau pemanggilan darurat jika terjadi kejahatan. Sementara, guna memerkuat kerja sama dan sosialisasi itu pihaknya juga akan menggandeng Pemkot Semarang untuk dibuatkan aturan atau payung hukumnya. 

    "Ada tombol khusus yang diletakkan di titik-titik tertentu, ketika misalnya di asosiasi pedagang emas ada kejadian di sana. Mereka tinggal pencet panic button, maka di sini akan muncul pesan itu. Kalau orang dalam keadaan panik kan susah busa SOS di handphone. Misal tombol di toko emas dipencet akan bunyi di sini," kata Irwan.

    Lebih lanjut Irwan menjelaskan, tombol panik yang terpasang di setiap tempat usaha akan membuat pelayanan kepolisian merespon panggilan darurat masyarakat lebih cepat. Selain itu, masyarakat Kota Semarang juga bisa memanfaatkan tombol panik yang terinstal di gawai masing-masing tetapi harus mengunduh aplikasi Libas.

    "Nantinya akan ada tombol virtual SOS yang bisa digunakan masyarakat, apabila menjadi korban atau mengetahui kejadian kejahatan," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar