Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pasokan Oksigen Lancar Dari Samator Dijamin Aman

Gubernur Ganjar Pranowo saat melakukan pengecekan
di depo Samator di Kendal, keamrin.
    Semarang-Direktur PT Samator Budi Susanto mengatakan pihaknya sebagai penyuplai oksigen ke rumah sakit maupun tempat lainnya, memastikan pasokan aman dan siap memenuhi kebutuhan. Sebab, pasokan tidak hanya berasal dari Jawa Tengah saja tetapi juga dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Pernyataan dikatakannya saat menerima kedatangan Gubernur Ganjar Pranowo di depo Samator di Kabupaten Kendal, kemarin. 

    Budi menjelaskan, di tengah meningkatnya kasus COVID-19 di sejumlah wilayah di Indonesia membuat banyak rumah sakit membutuhkan pasokan tabung oksigen yang mencukupi. Karena, beberapa pasien dengan gejala membutuhkan asupan oksigen untuk penanganan. 

    Menurut Budi, beberapa depo PT Samator ada di Kabupaten Semarang dan Kendal maupun Kudus.

    "Produksi untuk oksigen di kendal ini sekitar 50 ribu (meter kubik) per hari. Kalau untuk kebutuhan seluruh Jawa Tengah tidak mencukupi, tapi karena kita bekerja secara grup ya. Samator Grup itu ada di Jawa Timur, Jawa Barat juga sehingga rekan kita yang ada di Jawa Barat maupun Jawa Timur sepenuhnya support ke Jawa Tengah. Sepertinya pasokan oksigen untuk seluruh rumah sakit di Jawa Tengah aman. Kita juga membutuhkan kerja sama dari semua pemangku kepentingan. Dari pihak PLN, rumah sakitnya supaya tidak terjadi panic buying," kata Budi. 

    Sementara Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, kepastian produksi oksigen yang dikerjakan PT Samator saat ini cukup serius untuk mengamankan pasokan oksigen bagi rumah sakit rujukan COVID-19 di Jateng. PT Samator juga telah diminta menambah kapasitas produksi, guna pemenuhan kebutuhan oksigen bagi rumah sakit rujukan di Jateng.

    Menurut Ganjar, saat ini Samator yang ada di wilayah Jabar maupun Jatim ikut menopang suplai oksigen ke wilayah Jateng kurang lebih 1,5 juta meter kubik.

    Ganjar menjelaskan, isu kekurangan oksigen saat ini sebenarnya hanya kepanikan saja. Sebab, stok oksigen di depo milik PT Samator aman dan siap didistribusikan.

    "Kita serius menyelesaikan, masyarakat tidak perlu panik dan rumah sakit enggak perlu panik. BUMD kita juga akan membantu. Ini butuh kerja sama dan dukungan dari PLN. Karena prosesnya membutuhkan energi listrik dari PLN. Terima kasih dari PLN dan Kementerian ESDM membantu kita, sehingga menjadi pelanggan premium. Ini akan membantu proses produksinya," ujar Ganjar.

PLN Siap Bantu Samator Jaga Keandalan Listrik

Petugas PLN memastikan jaringan listrik di Samator aman.
    Terpisah, Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Jateng-DIY Endah Yuliati menyatakan mendukung upaya pemerintah menangani pandemi COVID-19. Pihaknya memastikan keandalan kelistrikan di rumah sakit rujukan, dan pabrikan produsen oksigen. 

    Endah menjelaskan, saat ini ketersediaan pasokan listrik di Jateng-DIY tidak mengalami kekurangan. Dengan cadangan daya sebesar 2.661 MW, dianggap lebih dari cukup untuk mendukung operasional fasilitas kesehatan di Jateng-DIY.

    Menurutnya, fokus utama PLN adalah kesiapan keandalan kelistrikan untuk penanganan pasien COVID-19 dan proses isolasi pasien di rumah sakit. Sebab, di wilayah Jateng-DIY terdapat 320 rumah sakit rujukan COVID-19.

    "Dalam mendukung pemerintah di masa pandemi untuk menangani pasien COVID-19, PLN berupaya memberikan keandalan kelistrikan. Karena pada kondisi saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat vital dalam proses penanganan pasien," kata Endah.

    Lebih lanjut Endah menjelaskan, PLN juga memastikan keandalan listrik di pabrik produsen oksigen tidak ada hambatan pada proses produksi. Pihaknya juga secara proaktif, melakukan komunikasi kepada produsen oksigen dan pengelola rumah sakit di wilayah Jateng-DIY. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar