Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Serapan Dana Desa di Jateng di Atas Nasional

Sugeng Riyanto
Kepala Dispermadesdukcapil Jateng
Semarang-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jawa Tengah Sugeng Riyanto mengatakan serapan dana desa 2021 sudah mencapai lebih dari 54 persen, dan angka tersebut melebihi capaian nasional atau tertinggi se-Indonesia. Pernyataan itu dikatakan usai mengikuti webinar rembug desa bersama Gubernur Ganjar Pranowo, Senin (26/7). 

Menurut Sugeng, dari 7.809 desa itu, provinsi mendapatkan pagu anggaran dana desa sebanyak Rp8,2 triliun dan dibagikan di 29 kabupaten. Penggunaan dana desa, hampir semuanya untuk penanggulangan COVID-19. Rinciannya untuk bantuan kepada masyarakat terdampak, pemulasaran jenazah sampai dengan pemakaman. Termasuk, kebutuhan makanan dan obat bagi pasien isolasi mandiri.

Sugeng menjelaskan, penggunaan dana desa juga bisa diwujudkan dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) sesuai petunjuk dari Kementerian Desa dan Kementerian Keuangan.

"Untuk dana desa serapannya sudah 54,54 persen yang 2021. Sedangkan dari takaran nasional, itu baru kurang lebih 42 persen. Jadi di Jawa Tengah itu tertinggi untuk total nasional. Sedangkan penggunaan dana desa yang delapan persen, para kepala desa itu sudah banyak yang melebihi dari pagu itu. Karena di dalam aturannya di situ ada kata-kata sekurang-kurangnya minimal delapan persen. Jadi, dia itu bisa pagunya melebihi dari delapan persen," kata Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, bagi desa yang mendapatkan dana sekira Rp800 juta maka maksimal 25 persen dananya untuk BLT. Sedangkan desa yang mendapatkan anggaran Rp1,2 miliar, alokasinya yang diatur adalah 30 persen untuk BLT. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar