Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Proyek Geothermal Dieng Bisa Jadi Wisata Energi

Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau Geo Dipa Energi di 
dataran tinggi Dieng, kemarin. 
Semarang-General Manager PT Geo Dipa Energi Unit Dieng Puguh Wintoro mengatakankan potensi energi yang bisa dihasilkan panas bumi Dieng, dihitung mencapai 400 Mega Watt (MW). Saat ini, pihaknya baru bisa menghasilkan 70 MW. Pernyataan itu dikatakannya saat memberi penjelasan kepada Gubernur Ganjar Pranowo yang melakukan kunjungan ke lokasi, baru-baru ini.

Puguh menjelaskan, proyek geothermal di kawasan Dieng saat ini terus dikembangkan. Dalam waktu dekat, pihaknya akan menambah 12 sumur gas di daerah Karang Tengah di Kabupaten Banjarnegara.

"Dieng ini potensinya 400 MW. Sekarang yang existing baru 70 MW. Next akan kita kerjakan untuk menambah 60 MW lagi," kata Puguh.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, proyek geothermal di kawasan Dieng dalam upaya mewujudkan kemandirian energi. Bahkan, juga bisa dikembangkan menjadi wisata energi panas bumi.

Menurut Ganjar, selain memenuhi kebutuhan energi terbarukan itu proyek geothermal juga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata energi.

"Sebenarnya ini bisa juga jadi destinasi wisata. Wisata energi yang bersumber dari panas bumi. Jadi nanti banyak anak akan bisa belajar, bisa melihat. Melalui kekayaan luar biasa ini kita bisa buat mandiri energi," ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, energi panas bumi di Jateng cukup banyak dan geothermal di Dieng merupakan salah satu yang pertama dari PT Geo Dipa Energi. Sedangkan potensi lainnya, ada di wilayah Gunung Slamet dan Gunung Lawu. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar