Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bikin Inovasi Energi Ramah Lingkungan, Pertamina Dapat Perhargaan Dari Menteri ESDM

Pekerja sedang mengolah adonan kerupuk di industri
kerupuk Mulyo Asri di Desa Mojolegi, Boyolali.
Semarang-Senior Supervisor Communication & Relations Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Marthia Mulia Asri mengatakan pihaknya mendapatkan penghargaan dari Kementerian ESDM, yakni Dharma Karya Energi kategori muda. Penghargaan itu diberikan, karena Pertamina mengaplikasikan inovasi energi ramah lingkungan untuk industri kerupuk di Kabupaten Boyolali. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Marthia menjelaskan, penghargaan yang diberikan itu karena Pertamina dianggap berjasa dalam pemikiran dan penemuan baru di sektor energi dan sumber daya mineral. Sehingga, memberikan kemajuan yang berarti bagi sektor energi dan mineral. 

Menurut Marthia, penghargaan itu atas inovasi pembuatan steam krumel broiler gas yang ramah lingkungan dan efisien bagi industri kerupuk Mulyo Asri di Desa Mojolegi Kabupaten Boyolali. Sebelumnya, industri kerupuk itu menggunakan bahan bakar kayu yang menimbulkan polusi asap.

Marthia menyebutkan, alat steam broiler telah melalui sejumlah pengujian standarisasi alat dari Universitas Sebelas Maret Solo dan pengujian emisi karbon dari Universitas Islam Indonesia serta uji sertifikasi alat dari Biro Klasifikasi Indonesia.
 
"Kami memberikan inovasi alat yang bisa mengefisienkan biaya energy cost sebesar 142 persen, bila dibandingkan konversi elpiji langsung tanpa alat inovasi. Jadi, sebenarnya industri kerupuk ini menggunakan kayu bakar. Setelah kami konversikan dengan alat ini, hasilnya biayanya tidak terlalu mahal dan tetap bisa beralih menggunakan elpiji. Bahkan yang nonsubsidi," kata Marthia.

Lebih lanjut Marthia menjelaskan, dampak lain dari inovasi yang dilakukan itu membuat paguyuban industri kerupuk bertanggung jawab kepada lingkungan sekitar. Yakni, dengan menanam kembali 500 batang pohon di desa sekitar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar