Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Limbah Ciu Kembali Cemari Bengawan Solo

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pencemaran limbah industri pengolahan ciu di Sungai Bengawan Solo sudah keterlaluan, sehingga tindakan tegas akan diambil guna menyelesaikan persoalan yang sudah beberapa kali terjadi itu. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Puri Gedeh, Rabu (8/9) malam.

Ganjar menjelaskan, pencemaran limbah industri pengolahan ciu di Bengawan Solo merupakan cerita lama. Modusnya masih sama dengan kasus sebelumnya, yaitu membuang kotoran atau limbah pengolahan alkohol di sekitar Kabupaten Blora.

Menurutnya, pemprov sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan tindakan tegas terkait kasus tersebut. Sebab, pihak yang membuang limbah pengolahan ciu dinilai sudah menantang pemerintah. Padahal, pada kasus sebelumnya sudah diberikan teguran keras.

"Sudah di cek, langsung rapat virtual tadi dengan Kementerian LHK. Tentu saja tim lokal sudah turun, tim nasional juga turun. Nanti kita akan proses, kita akan cari. Kita sudah bicara, tidak boleh ada yang main-main. Rasa-rasanya, mereka yang membuang itu memang menantang pemerintah. Menurut saya ini sudah kebangetan, karena tidak hanya area di Blora saja tapi juga di Solo kena," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, tim khusus dari Pemprov Jateng sudah diturunkan untuk melakukan pengecekan dan observasi terkait air Bengawan Solo yang berwarna keruh. Observasi itu dilakukan, setelah Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Solo menghentikan pengolahan air di Pos Semanggi, Pasar Kliwon, Solo lantaran air sungai terindikasi tercemar limbah ciu. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar